Mata Bur gigi, kecil tapi tetap harus steril.

Apr 09, 2020

Ketika sedang melakukan perawatan gigi, kita tidak akan asing dengan drill atau mata bur yang digunakan oleh para dokter gigi. Mata bur merupakan instrumen pemotong rotatif yang memiliki kepala dengan bilah-bilah pemotong. Biasanya mata bur digunakan untuk preparasi kavitas, proses akhir tambalan, dan pembuangan tulang. Oleh karena mata bur bukan merupakan instrument sekali pakai, maka mata buryang telah digunakan ( untuk 1 pasien) akan dibersihkan, dan disterilkan untuk dipakai kembali.

Bagaimanakah cara mensterilisasikan mata bur?

Pertama, mata bur akan direndam dilarutan khusus yang mengandung Glutaroldehyde 5 % selama 5-10 menit . Larutan Glutaraldehyde merupakan desinfektan golongan aldehyde, termasuk desinfektan yang kuat, spektrum aplikasi luas, dapat membunuh mikroorganisme dan virus. Bekerja dengan cara denaturasi protein dan umum digunakan dalam campuran air konsentrasi 0,5% – 5%. Keunggulan golongan aldehyde adalah sifatnya yang stabil, persisten, dan mempunyai efek samping minimal, dapat dibiodegradasi dan tidak menyebabkan kerusakan pada material peralatan. jangankan 5 %, Larutan glutaraldehyde 2% saja sudah cukup efektif membunuh bakteri vegetative seperti Mycobacterium tuberculosis, fungi dan virus yang akan mati dalam waktu 10 – 20 menit . Berdasarkan literatur bahwa Larutan glutaraldehyde 2% direkomendasikan untuk sterilisasi peralatan bedah.

Sebagai informasi tambahan bahwa Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) juga menyebut dalam laman situs resminya, bahwa ada beberapa jenis zat disinfektan, antara lain, alkohol, klorin, formaldelhida dan hidrogen peroksida.termasuk salah satunya gultaroldehyde digunakan untuk desinfeksi virus covid-19 .

Setelah perendaman mata bur dengan larutan Glutaroldehyde 5% selama 10 menit , maka mata bur dibilas menggunakan aquades, lalu dimasukan ke dalam ultrasonic cleaner selama setidaknya 4 menit. Penggunaan ultrasonic cleaner dimaksudkan untuk merontokkan debu debris dari bekas pakai . Setelah selesai, mata bur dikeringkan dan disterilkan didalam desinfection Electric Dryer setidaknya lima menit . Selanjutnya mata bor dibiarkan di dalam alat tersebut supaya tetap steril sebelum digunakan kembali untuk pasien selanjutnya.

Sebagai informasi tambahan mengenai cara kerja dari Desinfection Electric Dryer . Alat ini memberikan efek radiasi gelombang elektromagnetik dengan panjang gelombang yang lebih pendek dari pada cahaya tampak. UV dapat dipisahkan menjadi berbagai rentang, dengan UV jarak pendek ( UVC) dianggap pada panjang gelombang tertentu UV kuman. UV mutagenik terhadap bakteri, virus dan mikrooragnisme lainnya. Pada panjang gelombang 2.537 Amstrong ( 254 nM) UV akan melepaskan ikatan molekul dalam mikroorganisme DNA, memproduksi timin dimer dalam DNA mereka sehingga menghancurkan mereka , membuat mereka tidak berbahaya atau menghentikan pertumbuhan nya.

( drgM S Prabowo, Sp Pros . Nidaa Aulia Ulfah, A.Md.Kes)

BOOK YOUR APPOINTMENT

PLEASE CALL US FOR BOOKING SCHEDULE

BOOK THROUGH CALL (022) 421 7116